Jumat, 30 September 2011

SOAL UJIAN NEGARA KEPELAUTAN ,PASKA ANT-IV (OLAH GERAK DAN PENGENDALIAN KAPAL )

1.a.Tuliskan tahapan olah gerak kapal pengaruh langsung dan tidak langsung baling -baling pada kapal diam               kemudi tengah-tengah mesin mundur.?
   b.Tulis faktor-faktor dari luar yang dapat mempengaruhi olah gerak kapal dan beri penjelasan secara                       rinci ,mengapa faktor -faktor tersebut dapat mempengaruhi olah gerak kapal ?
2.a.Gambarkan lingkaran putar kapal dengan kemudi kanan dan tulis keterangan -keterangan pada lingkaran               putar ,serta beri penjelasan seperlunya .
   b.Tulis 3 gaya yang bekerja pafda saat kemudi disimpangkan kekanan ,berri penjelasan masing-masing gaya           yang dimaksud dan lengkapi jawaban saudara dengan gambar .
3.a.Tulis hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan panjang rantai jangkar yang dipergunakan                untuk         berlabuh jangkar .
   b.Tulis mulai dengan persiapan hingga pelaksanaan olah gerak kapal merapat pada satu pelampung                     kepil ,dengan menggunakan rantai jangkar .
4.a.Tulis akibat yang mungkin terjadi apabila dua kapal bertemu diperairan yang sempit dan dangkal beri              penjelasan seperlunya .
   b.Tulis apa yang mungkin terjadi apabila sebuah kapal menyusul kapal lain diperairan yang sempit dan                 dangkal .Beri penjelasan seperlunya ?
   c.Tulis salah satu cara olah gerak menolong orang jatuh kelaut.Lengkapi jawaban saudara dengan gambar ?
5.a.Tulis proses terjadinya arus ikutan pada saat kapal berlayar .
   b.Kapal berlayar dengan kecepatan 10 knots spoed baling-baling 5 meter dan RPM 70 serta arus ikutan            diketahui 1 knot.
   Hitung slip kapal yang bersangkutan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar