Jumat, 30 September 2011

SOAL UJIAN NEGARA KEPELAUTAN ,PASKA ANT-IV (PENANGANAN DAN PENGATURAN MUATAN )

1.Tuliskan 5 (lima )prinsip pemuatan dan jelaskan maksud masing -masing dari prinsip pemuatan tersebut secara    singkat dan jelas ?
2.Bagaimana cara menyiapkan ruang muat dikapal  untuk menerima muatan campuran (general cargo ) .Jelaskan  secara berurutan  dari awal sampai palka benar-benar siap untuk digunakan !
3.Dalam pelaksanaan pemuatan dikapal ,bahwa kehilangan ruang muat atau broken stowage termasuk hal yang    perlu mendapatkan perhatian .Apakah yang menyebabkan terjadinya broken stowage dan bagaimanakah cara  mengatasinya .Jelaskan jawaban saudara sebaik-baiknya !
4.Apakah yang dimaksud dengan Stowage Factor itu dan bagaimanakah menentukan Stowage  Factor suatu        muatan yang berupa peti yang jika diketahui peti-peti tersebut memiliki ukuran panjang = 80 cm lebar = 60 cm  dan tinngi = 55 cm ,dimanakah berat tiap peti-peti tersebut = 200 kg ?
5.Sebuah kapal memiliki ruang muat  Bale Capacity = 1698 m3 dan akan dimuati peti-peti yang berukuran  sama dengan SF = 2,23 m3/ton  dimana berat tiap peti-peti tersebut =228,6 kg.
 Jika dalam pemuatannya diperkirakan Broken Stowage sebesar 5 % .
 Hitunglah :
  a. Berapa jumlah peti yang dapat dimuat ?
  b. Berapakah ton berat seluruhnya yang dapat dimuat ?
6.a.Apakah yang dimaksud dengan Deck Load Capacity ?
   b.Hitunglah berapa tinggi susunan  muatan yang diijinkan pada suatu geladak antara yang tinginya =3,5    meter jika geladak antara tetrsebut dimuati besi batangan yang memiliki SF = 0,4 m3/ton !
 7.Tuliskan minimal 8 (delapan ) jenis dokumen (surat-surat) yang sangat erat kaitannya dengan kegiatamn    bongkar muat muatan !

2 komentar:

  1. tlg bantu isi nomer 5 dong kak

    BalasHapus
  2. tlg bntu jawab kak
    Sebuah kapal memiliki ruang muat Bale Capacity = 1698 m3 dan akan dimuati peti-peti yang berukuran sama dengan SF = 2,23 m3/ton dimana berat tiap peti-peti tersebut =228,6 kg.
    Jika dalam pemuatannya diperkirakan Broken Stowage sebesar 5 % .
    Hitunglah :
    a. Berapa jumlah peti yang dapat dimuat ?
    b. Berapakah ton berat seluruhnya yang dapat dimuat ?

    BalasHapus