1.Sebutkan :
a.5 bentuk baja profil
b.Jenis gading kapal dan cara pemberian nomor .
2.Sebuah kapal dalam keadaan miring 5" kekanan .Untuk menegakan kapal tersebut sebuah bobot yang terletak 8 M dikanan C/L digeser kekiri.
Data-data kapal : Berat benaman =4.000 tonnes ,KG=6,2 M.Bobot yang dipindahkan =50 tonnes.
Ditanya : Berapa meter jarak bobot tersebut ditempatkan dari Center Line ?
3.Sebuah kapal memiliki Displacement 6500 ton,KG =7,4 m,dengan data dari KN Curve sebagai berikut :
On Departure :
Helling
angle 15" 30" 45" 60" 75" 90"
KN 2,05 4,15 5,80 6,75 6,95 6,75
Dalam pelayaran terpakai :
- FO=175 ton,KG =0,5 m,FSM = 150 t.m
- FW= 74 ton, KG= 5,0 m,FSM = 80 t.m
- Stores= 10 ton,KG= 8,0 m.
Ditanya :
a.Lukis kurva stabilitas statis kapal tersebut pada kondisi " On Departure " dan pada kondisi " On Arrival "
b.Berapakah nilai-nilai pada "On Departure ":
-Range of stability dan vanoishing angle
-GZ max dan sudut Heeeling terjadinya
-Sudut Deck Edge
-GM awal
-Moment penegak pada diameter heeling 25"
4.Sebuah kapal tiba di Palembang dengan sarat depan = 5,25 m,sarat belakang = 6,25 m.Di Palembang kapal memuat pupuk 2.500 tonnes ,kemudian kapal berlayar kelaut .
Data-data kapal : Displacement = 6.000 tonnes.TPC = 25.
Density sungai musi = 1008 .
Ditanyakan : a. Sarat kapal selesai muat
b. Sarat kapal dilaut .
5.Sebuah kapal tiba di pelabuhan dengan sarat depan = 5,80 meter, sarat belakang = 6,90 meter.Panjang kapal 120 meter COF = 5 m dibelakang a midship .TPC = 20 ,MCTC = 150 .
Memuat : 1500 tonnes pada lokasi 90 meter didepan AP.
1000 tonnes pada lokasi 80 meter didepan AP .
Membongkar : 1800 tonnes dari lokasi 75 meter didepan AP.
1250 tonnes dari lokasi 80 meter didepan AP.
Ditanyakan : Sarat kapal selesai mut bongkar .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar